Rabu, 14 Maret 2018

Pakaian Adat Melayu Kalimantan Barat

  • Pakaian Adat Melayu untuk Laki-Laki di Kalimantan Barat 
  • Telok belanga adalah pakaian khas melayu khusus untuk laki-laki. Pakaian ini biasa digunakan dalam berbagai macam acara resmi seperti pernikahan dan upacara adat lainnya.
    Pakaian ini terdiri dari baju dalaman yang berbahan satin berwarna kuning emas. Warna kuning emas merupakan warna kerajaan melayu. Kemudaian dipadukan dengan celana panjang dan sarung atau kain corak ingsang yang dililitkan dipinggang hingga lutut. Selain itu sebagai pelengkap, biasanya pemakain mengenakan songkok berwarna hitam.
    • Pakaian Adat Melayu untuk Perempuan di Kalimantan Barat
    • Baju adat melayu untuk perempuan bernama Baju Kurong yang berarti kurung. Terdiri dari baju terusan polos yang panjangnya hanya sebatas lutut. Dengan kerah berbentuk bulat dan resleting di bagian belakang. Untuk bawahan, biasanya menggunakan kain khas corak ingsang atau rok. Pakaian ini juga biasa dikenakan saat upacara-upacara adat dan acara formal.
      Baju adat merupakan  cerminan kebudayaan negeri  yang saat ini keberadaanya sudah mulai di pinggirkan zaman. Kita sebagai generasi penerus harus selalu berupaya untul melestarikan dan mempertahankan kekayaan budaya negeri.
    •    Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. AKBIDUK Jogja. Pendaftaran PMB Akbid. AKBID Kebidanan. Mau jadi Bidan Profesional dan handal kunjungi : www.akbiduk.ac.id
      Akbid di Jogja Akbid Ummi Khasanah Yogyakarta.
    • borneochannel.com/pakaian-adat-kalimantan-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar