Rabu, 14 Maret 2018

Makanan Khas Melayu Kalbar

  1. Kerupuk Basah, Makanan Tradisional Khas Kapuas Hulu
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Kerupuk basah adalah makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari daerah Hulu sungai Kapuas. Namun tahukah kanu jika makanan yang satu ini memang sangat berbeda, ketika kalian memesan kerupuk basah maka kamu tidak berbentuk akan mendapatkan kerupuk seperti yang kalian bayangkan. . makanan ini merupakan cemilan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan tentu menyehatkan.
Makanan khas Kalimantan Barat ini bentuknya lebih mirip dengan empek-empek, tetapi lebih panjang dan tidak di goreng. Kerupuk basah dimasak dengan cara di kukus. Tetapi kamu juga dapat menikmatinya dengan cara digoreng lagi setelah dikukus. Kuliner ini biasanya disajikan dengan tambahan saos kacang seperti somay atau pun sate.
Kerupuk Basah terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan. Biasanya yang digunakan dalam makanan khas Kalimantan Barat ini adalah ikan belida yakni salah satu  ikan khas di Kalimantan Barat sebagai bahan pembuatan makanan unik ini. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut serta aroma yang khas. Tetapi selain ikan belida, ikan tenggiri atau ikan tawar lainnya juga bisa digunakan
Kwe Tiaw Goreng, Makanan Tradisional Khas Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Selanjutnya makanan khas Kalimantan Barat yang sangat enak dan lezat ini adalah Kwe tiaw. Kwe tiaw merupakan masakan khas tionghoa yang sudah menjadi favorit masyarakat Kalimantan Barat terutama di Pontianak. Bahkan hampir semua orang di Indonesia menyukai makanan yang berbahan terpung beras yang memiliki sumber karbohidrat yang tinggi.
Untuk meyajikan makanan khas Kalimantan Barat ini biasanya bahan tersebut di goreng. Makanan yang sehat, bergizi serta mengeyangkan ini cocok sebagai menu makan siang. Mie Tiaw sudah menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan barat. Dan jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di pusat kota seperti di Jalan Setia Budi dan Gajah Mada Pontianak.
5 Kwe Tiaw Rebus, Makanan Tradisional Khas Kalimantan Barat
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Masih ada lagi makanan khas Kalimantan Barat yang paling enak dan juga populer, namanya adalah kwe tiaw rebus. Makanan ini adalah makanan dari kwe tiaw yang dikreasikan. Bahan dasar Mie ini sama saja dengan Mie Tiaw goreng. Tetapi yang membedakan mie ini yakni pada penyajiannya yang menggunakan kuah.
Makanan khas Kalimantan Barat ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Cocok juga di makanan bersama dengan keluarga atau orang yang dekat dengan teman-teman. Mantap deh pokoknya, jangan lupa kalau ke kalimantan barat buat nyobain kwe tiaw rebus ini ya?
   Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. AKBIDUK Jogja. Pendaftaran PMB Akbid. AKBID Kebidanan. Mau jadi Bidan Profesional dan handal kunjungi : www.akbiduk.ac.id
Akbid di Jogja Akbid Ummi Khasanah Yogyakarta.
https://halomuda.com/makanan-khas-kalimantan-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar