Senin, 07 Mei 2018

KESULTANAN SAMBAS

Sejarah Singkat

Kesultanan sambas adalah kesultanan yang terletak di wilayah pesisir utara kalimantan barat dengan pusat pemerintahan nya adalah Kota Sambas. Kesultanan sambas adalah penerus pemerintahan dari kerajaan kerajaan sebelumnya. Kerajaan ini paling tidak telah berdiri dan berkembang sebelumabad ke-14 M sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca. Pada masa itu rajanya bergelar ''Nek'', salah satunya bernama Nek Riuh. Setelah masa Nek Riuh, pada sekitar abad ke-15 M muncul pemerintahan raja bernama Tan Unggal yang terkenal sangat kejam. karena kekejamannya ini raja Tan Unggal kemudian di kudeta oleh rakyat dan setelah itu selama puluhan tahun rakyat wilayang sungai sambas ini tidak mengkat raja lagi. Kemudian pada awal abad ke-16 M (1530) datang serombongan besar orang-orang dari pulau jawa (sekitar lebih dari 500 orang) yaitu dari kalangan bangsawan kerajaan Majapahit yang masih beragama Hindu, yaitu keturunan dari Raja Majapahit sebelumnya yang bernama Wikramawardhana.

pada masa Ratu Sepudak rombongan sultan tengah(sultan Serawak ke-1) binSultan Muhammad Hasan (sultan Brunei ke-9) datang dari kesultanan Sukadana ke wilayah sungai sambas dan kemudian menetap di wilayah sungai sambas. Anak laki-laki sulung yang bernama Sulaiman kemudian dinikahkan dengan anak bungsu Ratu Sepudak yang bernama Mas Ayu Bungsu sehingga nama Sulaiman berubah menjadi Raden Sulaiman. Raden Sulaiman inilah yang kemudian setelah keruntuhan Panembahan Sambas di kota lama mendirikan kerajaan baru yaitu Sulaiman menjadi Sultan Sambas pertama bergelar Sultan Muhammad Shafiuddin 1 yaitu pada tahun 1671.

  Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. AKBIDUK Jogja. Pendaftaran PMB Akbid. AKBID Kebidanan. Mau jadi Bidan Profesional dan handal kunjungi : www.akbiduk.ac.id
Akbid di Jogja Akbid Ummi Khasanah Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar